Informasi

  • Market Update: Surplus Neraca Dagang Indonesia
    March 17, 2021 11:50

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Februari 2021 kembali surplus USD 2,00 milliar dengan nilai ekspor 15,27 milliar naik 8,56% secara YoY dan impor USD 13,26 milliar. Mitra dagang yang menjadi utama surplusnya ekonomi Indonesia di terbesar ada di Tiongkok dengan nilai US$2,95 miliar, lalu ada Amerika Serikat US$1,86 miliar, dan jepang US$1,20 miliar kontribusi dari ketiga negara ini yakni mencapai 41,477%.

    Source: BPS, Foster


    Pertumbuhan penjualan eceran relatif stabil dengan pertumbuhan Indek Penjualan Ritel (IPR) secara tahunan mengalami perbaikan meski masih dalam fase kontraksi sebesar -16.5 membaik dari -16.4.


    Source: Trading Economics, Foster


    Pada januari 2021, kinerja penjualan eceran menurun sejalan dengan pola pasca perayaan HBKN Natal dan Tahun Baru, di tengah Permberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Dan cuaca yang kurang mendukung. Penurunan terjadi pada seluruh kelompok komoditas, dengan penurunan terdalam pada kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, dan subkelompok Sandang.

    Source: BI, Foster


    Our Views:

        • Strategi upaya yang dilakukan pemerintah dalam menekan angka penularan virus corona dengan program distribusi vaksinasi
        • PMI Manufaktur Indonesia stabil 



    Disclaimer On


  • PRODUK
    FEF FOSTER EQUITY FUND
    FFI FOSTER FIXED INCOME
  • RISET
    December 04, 2023 09:37
    Di Amerika Serikat (AS), Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral akan bertindak "hati-hati"
    July 24, 2023 09:27
    Di tengah kondisi lingkungan geopolitik yang kompleks dan momen pemulihan pasca Covid-19, China berada di kondisi ekonomi yang kurang baik. Serangkaian