Informasi

  • 10 Istilah yang perlu kamu ketahui dalam Investasi Reksa Dana
    March 01, 2021 16:03

    Reksa Dana merupakan wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Dalam investasi Reksa Dana ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui, yaitu:


    1. Nilai Aktiva Bersih (NAB) / Net Asset Value (NAV)

    Nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih Reksa Dana setiap harinya, setelah dikurangi seluruh kewajiban. Singkatnya, NAB/NAV adalah nilai pasar suatu Reksa Dana.

    1. AUM (Assets Under Management)

    Total nilai atau total dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. AUM biasanya menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah reksadana.

    1. Prospektus

    Informasi tertulis sehubungan dengan penawaran umum dengan tujuan agar Pihak lain membeli efek. Prospektus berisi seluruh informasi lengkap tentang produk Reksa Dana. Dokumen tersebut berisi tujuan investasi, kebijakan investasi, pembatasan investasi, kebijakan pembagian hasil investasi, tata cara transaksi, dan informasi penting lainnya yang wajib diinformasikan kepada investor/nasabah.

    1. Fund Fact Sheet

    Laporan yang diterbitkan oleh Manajer Investasi setiap bulan. Laporan tersebut berupa ringkasan kinerja Reksa Dana yang memuat informasi produk, perbandingan kinerja terhadap acuan, alokasi aset terbesar dalam Reksa Dana, hingga performa dari Reksa Dana tersebut. Isi laporan tersebut dapat membantu kita dalam memilih Reksa Dana yang tepat.

    1. Portofolio

    Kumpulan investasi beberapa produk Reksa Dana yang dimiliki seseorang atau sebuah institusi.

    1. Kontrak Investasi Kolektif

    Kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan di mana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

    1. Unit Penyertaan

    Satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pihak dalam portofolio investasi kolektif.

    1. Subscription

    Istilah yang digunakan untuk pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana.

    1. Redemption

    Istilah yang digunakan untuk penjualan Unit Penyertaan Reksa Dana.

    1. Switching

    Istilah yang digunakan untuk pengalihan Unit Penyertaan Reksa Dana dari satu produk ke produk lain.



  • PRODUK
    FEF FOSTER EQUITY FUND
    FFI FOSTER FIXED INCOME
  • RISET
    December 04, 2023 09:37
    Di Amerika Serikat (AS), Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral akan bertindak "hati-hati"
    July 24, 2023 09:27
    Di tengah kondisi lingkungan geopolitik yang kompleks dan momen pemulihan pasca Covid-19, China berada di kondisi ekonomi yang kurang baik. Serangkaian