Informasi

  • 3 Tipe Profil Risiko Investor
    June 19, 2020 06:49

    Salah satu hal yang harus diketahui sebelum memulai investasi adalah mengenal profil risiko. Kenapa harus mengenal profil risiko? Profil risiko sangat berguna bagi investor dalam pemilihan jenis reksa dana, supaya sesuai dengan tujuan dan karakteristik pribadi dalam berinvestasi.

    Biasanya, calon investor akan diberikan beberapa pertanyaan supaya dapat mengetahui profil risiko investasi saat melakukan pendaftaran. Berikut contoh pertanyaan yang terdapat pada formulir pembukaan rekening di PT Foster Asset Management.



    Jawaban yang diberikan oleh investor, selanjutnya akan disesuaikan dengan profil risiko berdasarkan total poin. Secara umum, ada tiga tipe profil risiko.


    Apa saja profil risiko investor?

    1.   Konservatif

    Investor dengan tipe konservatif cenderung menjauhi risiko, menginginkan investasi yang aman, return yang stabil, dan tidak fluktuatif.

    Jenis reksa dana yang cocok dengan tipe konservatif adalah Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap.

    2.   Moderat

    Biasanya, investor yang memiliki profil investasi moderat sudah paham tentang investasi. Hal tersebut membuat investor dapat menoleransi nilai investasi yang fluktuatif, namun tetap mempertimbangankan keseimbangan antara risk & return.

    Jenis reksa dana yang cocok dengan tipe konservatif adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Campuran.

    3.   Agresif

    Investor yang memiliki tipe agresif dalam berinvestasi, cenderung berani mengambil risiko yang besar dan investasi yang fluktuatif. Penurunan nilai investasi biasanya menjadi kesempatan untuk menambah asset yang dimiliki, karena harganya dianggap sedang murah.

    Jenis reksa dana yang cocok dengan tipe konservatif adalah Reksa Dana Saham.


  • PRODUK
    FEF FOSTER EQUITY FUND
    FFI FOSTER FIXED INCOME
  • RISET
    December 04, 2023 09:37
    Di Amerika Serikat (AS), Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral akan bertindak "hati-hati"
    July 24, 2023 09:27
    Di tengah kondisi lingkungan geopolitik yang kompleks dan momen pemulihan pasca Covid-19, China berada di kondisi ekonomi yang kurang baik. Serangkaian