Informasi

  • High Risk High Return
    June 19, 2020 06:48

    Selain untuk saving, Kita pastinya mengharapkan keuntungan saat memutuskan untuk berinvestasi. Begitupun dengan investasi di salah satu instrumen pasar modal yaitu Reksa Dana.

    Keuntungan Reksa Dana bisa membuat kamu semakin yakin untuk berinvestasi

    1.   Dikelola Manajer Investasi

    Pengelolaan investasi oleh Manajer Investasi menjadi salah satu keuntungan terutama untuk investor pemula karena sudah berpengalaman dan memiliki izin resmi dari OJK. Jadi, kamu tidak perlu menganalisa dan mengamati pasar secara terus menerus supaya mendapat hasil investasi yang maksimal.

    2.   Transparansi

    Kinerja dan hasil investasi akan selalu terupdate setiap hari bursa. Setiap bulan, investor akan fund fact sheet yang berisi tentang kinerja produk Reksa Dana, informasi jumlah kelolaan Reksa Dana, dan informasi portofolio.

    3.   Diversifikasi

    Diversifikasi investasi dan risiko pada investasi Reksa Dana, sehingga meminimalisir risiko investasi yang akan diterima.

    4.   Bebas Pajak

    Hasil investasi Reksa Dana bukan merupakan objek pajak, karena pajak tersebut sudah dibebankan pada biaya Manajer Investasi.

    5.   Likuid

    Reksa Dana merupakan investasi yang memiliki likuiditas yang tinggi. Investor dapat melakukan jual beli Reksa Dana setiap saat.

    6.   Keamanan atas Aset Investasi

    Aset investasi Reksa Dana disimpan oleh Bank Kustodian yang telah ditunjuk oleh Manajer Investasi dan terdaftar di OJK. Bank Kustodian merupakan.

    7.   Dana Minimal Investasi Relatif Kecil

    Investor dapat memulai investasi Reksa Dana dengan nominal yang bervariasi, mulai dari Rp10.000,-.

    8.   Kemudahan Investasi di Pasar Modal

    Kamu bisa melakukan investasi Reksa Dana dengan mudah melalui Bank, Sekuritas, APERD Online, maupun Manajer Investasi langsung.

    9.   Diawasi oleh Regulator (OJK)

    Setiap perusahaan Manajer Investasi wajib terdaftar di OJK untuk dilakukan pengawasan. Daftar Manajer Investasi yang telah terdaftar di OJK dapat dilihat pada link berikut https://reksadana.ojk.go.id/Public/ManajerInvestasiList.aspx.


    Selain keuntungan, setiap investasi pasti memiliki risiko juga. Semakin tinggi risiko, semakin tinggi juga keuntungan yang akan didapatkan. 'High Risk High Return'.


    Apa saja risiko dalam investasi Reksa Dana?

    1.    Keuntungan tidak dijamin

    Tidak ada jaminan keuntungan, dividen, atau kenaikan modal investasi yang akan diterima investor dari investasi Reksa Dana.

    2.   Risiko Pasar

    Reksa dana mungkin rentan terhadap perubahan kondisi pasar, seperti kondisi global, regional atau perkembangan ekonomi nasional, kebijakan pemerintah, kondisi politik, pergerakan suku bunga secara umum, sentimen investor yang meluas ataupun guncangan eksternal (misalnya bencana alam, perang dan lain-lain)

    3.   Risiko Efek

    Risiko yang timbul karena kemungkinan default perusahaan penerbit pada pembayaran kupon dan/atau pokok obligasi, dan implikasi dari peringkat kredit perusahaan yang di-downgrade.

    4.   Risiko Pembiayaan Pinjaman

    Jika dana pembelian unit reksa dana didapat dari pinjaman, maka investor perlu memahami bahwa pinjaman meningkatkan kemungkinan untung maupun rugi. Jika nilai investasi turun di bawah tingkat tertentu, investor mungkin diminta lembaga keuangan untuk menambah agunan, atau mengurangi jumlah pinjaman ke level yang disyaratkan. Biaya pinjaman dapat bervariasi dari waktu ke waktu tergantung fluktuasi suku bunga. Penggunaan pinjaman harus dipertimbangkan secara berhati-hati karena mengandung risiko.

    5.   Risiko Inflasi

    Risiko inflasi adalah risiko potensi kerugian daya beli investasi anda karena terjadinya kenaikan rata-rata harga konsumsi.

    6.   Risiko Likuiditas

    Risiko likuiditas dapat didefinisikan sebagai seberapa mudah sebuah efek dapat dijual pada atau mendekati nilai wajarnya tergantung pada volume yang diperdagangkan di bursa.

    7.   Risiko Ketidakpatuhan

    Hal ini mengacu pada risiko terhadap reksa dana dan keuntungan investor yang dapat timbul karena ketidaksesuaian terhadap hukum, aturan, etika dan kebijakan, dan prosedur internal dari manajer investasi.


  • PRODUK
    FEF FOSTER EQUITY FUND
    FFI FOSTER FIXED INCOME
  • RISET
    December 04, 2023 09:37
    Di Amerika Serikat (AS), Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral akan bertindak "hati-hati"
    July 24, 2023 09:27
    Di tengah kondisi lingkungan geopolitik yang kompleks dan momen pemulihan pasca Covid-19, China berada di kondisi ekonomi yang kurang baik. Serangkaian